Tobelo-Lapas Kelas IIB Tobelo Kanwil Kemenkumham Malut pada Jumat kemarin (05/04) melaksanakan tes urine kepada warga binaan yang tersandung kasus narkoba. Tes urine ini sebagai langkah preventif melalui upaya deteksi dini dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024. 

Sebagai wujud sinergitas, Lapas Tobelo menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Halmahera Utara dan dibantu oleh petugas Klinik Daloha Lapas Tobelo. 

Tes tersebut untuk memastikan warga binaan bersih dari narkoba. “tes urine ini bertujuan agar kita dapat mengontrol kesehatan WBP secara rutin sehingga mereka terhindar dari pemakaian obat-obat terlarang. Kita sedang menuju pada perayaan Idul Fitri sekaligus Hari Bhakti Pemasyarakatan . Untuk itu kesehatan narapidana harus bersih dan sehat”, beber Romi selaku Kalapas Tobelo.

Pemeriksaan kesehatan melalui tes urine ini menjadi tugas pokok insan pemasyarakatan dalam menegakkan tiga kunci pemasyarakatan maju. Dari hasil tes urine, tidak ada narapidana yang terkonfirmasi positif menggunakan narkotika atau sejenisnya. Ini berdasarkan pernyataan dari utusan BNN Halut, ibu Elsye.(humas)