MEDAN - Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan (Lapas Kelas I Medan) dengan semangat gotong royong kebersamaan serta kekhidmatan melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Senin Pagi Pukul 08.00 Wib.

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Maju A. Siburian dengan Perwira Upacara, Ka. KPLP, Lamarta Surbakti dan Komandan Upacara, Kasi Sarana Kerja, Supian Natalis.

Dalam peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 yang mengusung tema, "gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”, Kalapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian dalam menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 01 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia bahwa tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu Bangsa namun menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari- hari, mengajak seluruh bangsa dimanapun berada untuk pembangunan Indonesia sentris yang adil dan merata. Bekerja keras membangun daerah pinggiran, wilayah perbatasan & perdesaan, " dalam Sambutannya. 


"Tidak lupa juga Presiden Republik Indonesia mengajak untuk  kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia maju, naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju, adil, sejahtera & merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia.” dalam Sambutan yang dibacakan oleh Kalapas Medan.

Acara juga dirangkai dengan diperdengarkannya Andhika Bhayangkari, untuk merekatkan semua bangsa Indonesia dalam naungan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Nusantara, dan juga diakhiri dengan doa bersama mengenang Jasa-jasa Pahlawan yang telah Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Semoga Indonesia tetap menjadi Bangsa yang besar yang disenangi dunia tanpa kehilangan jati diri Pancasila.

Seluruh Petugas yang menggunakan Pakaian adat Nasional dari Sabang sampai dengan Marauke kemudian melakukan sesi foto bersama, tampak antusias petugas dan kekompakan keluarga Besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan dalam Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.