MEDAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Medan menyelenggarakan kegiatan pembentukan mental dan disiplin bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui pelatihan Pramuka, Rabu (11/5). 

Pelatihan Pramuka yang dilaksanakan setiap hari diikuti antusias oleh WBP Lapas Kelas I Medan yang tergabung dalam Gugus Depan Pramuka 14.1387.

Kegiatan kepramukaan di Lapas I Medan merupakan salah satu bentuk program pembinaan yang dilaksanakan kepada WBP untuk membentuk karakter, mental, disiplin, tanggung jawab, serta rasa cinta kepada tanah air. 

Kegiatan ini setiap harinya diisi dengan Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), yel-yel, hingga semaphore. 

Walaupun dalam masa pandemi COVID-19, tidak menurunkan minat keikutsertaan WBP untuk terus mempelajari ilmu tentang kepramukaan.

Kepala Lapas I Medan, Maju A. Siburian, menyampaikan kegiatan Pramuka bagi WBP mempunyai peran positif sehingga nantinya WBP yang mengikuti kegiatan ini terbentuk mental dan jiwa disiplinnya. 

Selain itu, dengan dilaksanakan setiap hari, menjadi ajang pendalaman teori maupun praktik bagi WBP yang mengikuti kegiatan.

“Dengan dilaksanakan pelatihan setiap hari, nantinya mereka akan makin mahir dan bisa mengikuti perlombaan Pramuka yang tiap tahun diadakan,” ujar Maju.

Rudi, salah satu WBP yang mengikuti pelatihan, merasa bangga karena bisa mengikuti kegiatan Pramuka. “Alhamdulillah, dengan terus menerus berlatih dan belajar, dari yang tadinya tidak tahu PBB, sekarang jadi tahu PBB, tata upacara, dan lainnya,” ucap Rudi.(Rilis)